Habib Rizieq Syihab ditangkap, KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah beri jaminan agar bebas

Home / Berita / Habib Rizieq Syihab ditangkap, KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah beri jaminan agar bebas

Pihak keamanan Arab Saudi dikabarkan tengah melakukan pemeriksaan terhadap Muhammad Rizieq Syihab. Hal itu terkait dugaan kepemilikan dan pemasangan bendera yang dianggap warga setempat mirip dengan atribut ISIS.

“Dari hasil penelusuran diperoleh konfirmasi bahwa MRS sedang dimintai keterangan oleh aparat keamanan Arab Saudi di Makkah, atas dasar laporan warga negara Saudi yang melihat bendera yang diduga mirip dengan bendera ISIS terpasang di depan rumah MRS di Makkah,” kata pihak Kemenlu melalui siaran pers yang disampaikan kepada wartawan melalui pesan pendek, Rabu (7/11) seperti yang dikutip Tempo.

Muhammad Rizieq Syihab sebelumnya memang menyerukan kepada seluruh kader dan simpatisan FPI di tanah air memasang bendera berkalimat tauhid. Seruan itu disampaikan setelah terjadinya aksi pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid pada peringatan Hari Santri Nasional di Garut, Jawa Barat.

Menanggapi kabar penangkapan Habib Riziek, Duta Besar Republik Indonesia Riyadh memberikan siaran pers berisi kronologi penangkapan hingga pembebasan. Dalam Siaran pers tersebut, pemerintah Indonesia melalui KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah memberikan jaminan kepada pemerintah saudi hingga Rizieq dibebaskan.

Kedua lembaga tersebut berkomitment untuk terus memberikan pendampingan kekonsuleran dan pengayoman terhadap Rizieq dalam menghadapi masalah hukum.

Berikut Siaran Pers Duta Besar RI Riyadh;


(Red)