Hanafi Rais Mundur Dari Kepengurusan DPP PAN

Home / Berita / Hanafi Rais Mundur Dari Kepengurusan DPP PAN

Jakarta, PKP Berdikari – Hanafi Rais menyatakan mundur dari kepengurusan DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Periode 2020-2025. Putra Amien Rais itu juga mengundurkan diri dari jabatan Ketua Fraksi PAN dan Anggota DPR RI Periode 2019-2024.

Pernyataan terkait pengunduran diri tersebut disampaikan melalui keterangan tertulis yang ditandatangani langsung oleh Hanafi pada tanggal 5 Mei 2020.

“Bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR, dan dari anggota DPR Fraksi PAN 2019-2024,” tulis Hanafi.

Dalam surat tersebut, Ia menyinggung kongres PAN yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. “Kita semua tahu bahwa PAN telah melewati proses kongres yang sarat dengan kekerasan dan mencoreng wajah partai sendiri,” lanjut Hanafi.

Ia juga menilai, PAN telah melewatkan momentum untuk memperbaiki diri lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap.

“Kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan, sekalipun didahului dengan kritik-kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN jadi antitesis pemegang kekuasaan,” tegas Hanafi.

Kongres PAN pada Februari lalu menetapkan kembali Zulkifli Hasan sebagai ketua umum untuk masa jabatan 2020-2025. Sebelumnya, kericuhan sempat terjadi saat sejumlah pendukung kubu Amien Rais memprotes jalannya kongres yang dinilai melanggar AD/ART Partai.