Jokowi Dorong Inovasi Bupati Muba, Solusi bagi Petani Karet

Home / Berita / Jokowi Dorong Inovasi Bupati Muba, Solusi bagi Petani Karet

Harga karet yang fluktuatif terpengaruh pasar global, bahkan merosot tajam membuat petani karet di Riau menjerit. Padahal karet merupakan salah satu komoditas penting selain kepala sawit.

Kondisi ini membuat situasi tidak menguntungkan. Namun apa yang dilakukan oleh Bupati Musi Banyuasin patut diacungi jempol.

Dia membuat inovasi yakni melakukan pencampuran aspal dan karet alam untuk membangun jalan-jalan di Kabupaten Musi Banyuasin, Itu telah dilakukan sejak bulan Oktober 2018. Inovasi itu diterapkan kali pertama di jalan Kabupaten Muba yakni di Desa Mulyorejo B4 Kecamatan Sungai Lilin.

Presiden Jokowi pun menyembut dan mendorong penggunaan karet sebagai ide kreatif yang bisa membantu mendongkrak harga karet rakyat itu.

“Pembangunan jalan aspal campur karet di Kabupaten Muba merupakan salah satu upaya dan jalan keluar untuk mendongkrak harga karet di kalangan petani,” kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Inovasi Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin ini juga mendapatkan penghargaan dari masyarakat dan Presiden RI, namun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hadiah diserahkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jumat (7/12/2018) malam dalam rangkaian puncak peringatan Hari Bakti PU ke 73 di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta.

Untuk diketahui Kabupaten Muba sebagai tiga Kabupaten terbaik se-Indonesia dalam penyelenggaraan infrastruktur PUPR 2018 kategori Inovasi Penerapan Teknologi Penyelenggaraan Pembangunan Infrastruktur PUPR.

Dengan penghargaan ini, maka diharapkan pembangunan jalan-jalan lain memanfaatkan inovasi ini untuk mendongkrak harga karet alam petani. Ini sangat bermanfaat untuk menjawab tantangan harga karet global yang berdampak pada penurunan harga karet di tingkat petani karet.

Sumber