JoMAN Layangkan Gugatan Syarat Wajib PCR Ke PTUN

Home / Berita / JoMAN Layangkan Gugatan Syarat Wajib PCR Ke PTUN

PKPBerdikari, JAKARTADewan Pimpinan Pusat Jokowi Mania (JoMAN) mendaftarkan gugatan atas Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021. Inmendagri tersebut mengatur syarat wajib PCR bagi penumpang pesawat. Gugatan itu didaftarkan oleh JoMAN ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) DKI Jakarta, Selasa 26 Oktober 2021.

“Hari ini, gugatan kita berkaitan dengan Instruksi Kementerian Dalam Negeri diterima. Hari ini kita mendapatkan nomer 241/G/2021/PTUNJakarta” jelas Ketua Umum JoMAN, Immanuel Ebenezer.

Immanuel juga menyatakan Inmendagri No. 53 Tahun 2021 juga bertentangan dan melanggar Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 23 (a).

“Instruksi Menteri No. 53 ini bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 23 ayat a.” jelas Immanuel.

Immanuel mempertanyakan tujuan syarat wajib PCR ini. Ia juga menyatakan sampai saat ini tidak memahami maksud dan tujuan peraturan tersebut.

“Nah ini jelas-jelas sekali melanggar Undang-Undang. Nah, kita gatau maksudnya PCR ini karena aspek medis atau aspek bisnis.” tambahnya.

Dalam isi gugatannya JoMAN menggugat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mencabut Instruksi Menteri Nomor 53 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Baca juga:  Ketersediaan, Harga, dan Distribusi Ivermectin

Selain itu juga gugatan tersebut memerintahkan kepada tergugat untuk tidak membuat Instruksi Menteri terkait Covid-19. Dan membuat Rancangan Undang-Undang terkait Covid-19 untuk diberikan ke Presiden untuk diperjuangkan menjadi Undang-Undang.