Kepolisian Tapanuli Selatan Temukan Praktik Money Politic oleh Caleg Partai Gerindra

Home / Berita / Kepolisian Tapanuli Selatan Temukan Praktik Money Politic oleh Caleg Partai Gerindra

SUMUT – Kepolisian Tapanuli Selatan menemukan adanya praktik money politic yang dilakukan oleh tim calon legislatif daerah dari partai Gerindra yang bernama Masdoripa Siregar, Dapil I (kec. Padang Bolak dan Kec. Portibi). Kepolisian berhasil mengamankan 4 (empat) orang yang berada di sebuah mobil Minibus. Selain 4 orang tadi, polisi juga mengamankan sebanyak 87 amplop yang berisi uang Rp 200.00,- lengkap dengan kartu nama Masdopira Siregar dan 3 unit telepon genggam.

Berita tersebut mencuat ke permukaan setelah beredar sebuah surat dari kepolisian setempat yang berisi laporan Operasi Tangkap Tangan (OTT). Berikut isi surat laporan penangkapan pada kasus OTT Money Politic;

 

Kepada Yth. Bapak Kapolda Sumut

Tembusan :
1. Waka Polda
2. Irwasda
3. Karo Ops
4. Direskrimum
5. Direskrimsus
6. Dirintelkam

Selamat pagi Jenderal,

Mohon izin melaporkan, bahwa pada hari Senin tanggal 15 April 2019 sekira pukul 02.20 Wib Tim Satgas Money Politic Polres Tapsel yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Tapsel AKP A. ALEXANDER, S.H, M.H dan Kasat Intelkam Polres Tapsel AKP ELDI KOSWARA melakukan penangkapan / OTT Money Politic yang bertujuan untuk memenangkan salah satu Caleg DPRD Kab. Paluta an. MASDORIPA SIREGAR dari Partai Gerindra no. Urut 3 Dapil I (Kec. Padang Bolak dan Kec. Portibi).

Dari penangkapan / OTT yang dilakukan berhasil diamankan sebanyak 4 (empat) orang laki-laki saat menumpang sebuah mobil Toyota Kijang warna kuning dengan nomor polisi BK 1462 YG atas nama SABARUDDIN HARAHAP (pengemudi), MUAL HARAHAP, FAKIH IMAM MUDA HARAHAP DAN RIZAL yang mana dari mereka ditemukan amplop sebanyak 87 (delapan puluh tujuh buah) yang dalam amplop berisikan uang sebesar Rp. 200.000,- beserta 1(satu) buah kartu nama atas nama MASDORIPA SIREGAR dan 3(tiga) buah HP.

Setelah dilakukan interogasi terhadap MUAL HARAHAP, Dkk didapat informasi bahwa amplop tersebut mereka peroleh dari seorang laki-laki yang dia ketahui bernama FAJAR HARAHAP dari salah satu rumah yang beralamat di Jl. S.M Raja Lingkungan I Partimbakoan Kel. Pasar Gunung Tua Kec. Padang Bolak.

Selanjutnya pada pukul 02.50 Wib Tim bergerak menuju ke alamat dimaksud untuk melakukan pengembangan atas penangkapan dugaan money politic tersebut.

Sesampainya di tempat dimaksud berhasil diamankan sebanyak 10 (sepuluh) orang laki-laki dewasa yang setelah ditanya diketahui masing-masing bernama FAJAR HARAHAP, ALI ASMAN SIREGAR, SUTAN KUMALA SIREGAR, KHAIRUL AFANDI SIREGAR, HARIANTO HARAHAP, MUHAMMAD RIFAI HARAHAP, HASANUDDIN SIMBOLON, IRFAN HARAHAP, MARA LAUT SIREGAR DAN H. HARIRO HARAHAP, S.E., M.Si yang diketahui saat ini beliau menjabat sebagai Wakil Bupati Paluta serta suami dari Caleg DPRD Kab. Paluta Partai Gerindra nomor urut 3 Dapil I (Kec. Padang Bolak dan Kec. Portibi) an. MASDORIPA SIREGAR.

Dari dalam rumah tersebut juga diamankan amplop sebanyak 118 (seratus delapan belas) buah dengan isi dalam amplop uang bervariasi dengan besaran antara Rp. 150.000, 200.000 hingga 300.000,- serta 1 (satu) buah kartu nama Caleg DPRD Kab. Paluta Partai Gerindra nomor urut 3 Dapil I (Kec. Padang Bolak dan Kec. Portibi) an. MASDORIPA SIREGAR. Kemudian setelah dilakukan penggeledahan di dalam rumah tersebut berhasil diamankan antara lain :
1. Laptop sebanyak 2 buah.
2. Printer sebanyak 1 buah
3. Stempel berlogo Partai Gerindra sebanyak 1 buah
4. Stempel berlogo Prabowo Sandi sebanyak 1 buah
5. Kalender Caleg an. MASDORIPA SIREGAR sebanyak 11 buah.
6. Slip transaksi perbankan (penarikan dana) Bank BRI dan Bank Sumut.
7. 1 eksamplar bukti dukungan terhadap Caleg
8. 1 buah kalkulator
9. Stok amplop kosong yang telah tersedia.
10. HP sebanyak
11. Hekter
12. Pulpen
13. Kwitansi
14. Foto Copy KTP pendukung

Demikian Laporan awal kami laporkan perkembaangan selanjutnya kami laporkan kembali.