Mantan Direktur WALHI Resmi Menjabat Deputi II Kantor Staf Presiden

Home / Berita / Mantan Direktur WALHI Resmi Menjabat Deputi II Kantor Staf Presiden

Jakarta, PKP Berdikari – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko melantik lima deputi Kantor Staf Presiden (KSP) di Komplek Istana Kepresidenan, jakarta, Senin, 22 Juni 2020. Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 45/M Tahun 2020 tentang pengankatan Deputi di Lingkungan KSP tertanggal 15 Juni 2020.

Salah satu dari kelima pejabat dilantik ialah Abetnego Panca Putra Tarigan, aktivis lingkungan yang pernah menjadi Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Indonesia. Ia didapuk sebagai Deputi II KSP yang membidangi Pembangunan Manusia.

Sebelum dilantik sebagai Deputi, Abetnego telah bergabung dengan KSP sejak tahun 2016. Pria kelahiran Pematang Siantar itu pertama kali menjabat Tenaga Ahli Utama KSP, kemudian Ia dipercaya sebagai Plt. Deputi II KSP menggantikan Yanuar Nugroho.

Di sela-sela prosesi pelantikan, Moeldoko mengatakan jabatan deputi di lingkungan KSP merupakan sebuah penilaian panjang. Amanah yang diberikan kepada masing-masing deputi didasarkan pada sebuah prestasi.

“Saya ingin membangun tradisi aga regenerasi dalam KSP menjadi baik. Semua punya kesempatan menjadi Deputi. Agar organisasi ini berjalan baik, tidak ada penilaian yang subjektif, bukan atas dasar suka dan tidak suka,” tegas Moeldoko video pelantikan yang diunggah akun media sosial resmi milik KSP.

Lebih lanjut, Moeldoko mengingatkan bahwa pejabat deputi di KSP akan berhadapan dengan tanggung jawab yang besar dalam membantu kerja Presiden dan Wakil Presiden RI, khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19. “Dibutuhkan kerja keras, cepat, dan tepat untuk menanggulangi persoalan yang ada,” lanjut Moeldoko.

Kedepan, Moeldoko meyakini fomasi deputi yang sudah lengkap itu akan mampu menjalankan proses transformasi kepemimpinan, yakni menjadi role model tim kedeputian yang dipimpinnya. Para deputi yang baru dilantik juga dituntut untuk menciptakan iklim kerja yang kreatif sehingga timnya dapat memberikan masukan yang out of the box.

Selain Abetnego, para pejabat yang dilantik diantaranya Febri Calvin Tatelepta sebagai Deputi I Bidang Infrastruktur, Energi, dan Investasi; Panutan S. Sulendrakusuma sebagai Deputi III Bidang Perekonomian; juri Ardiantoro sebagai Deputi IV Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Politik; dan Jaleswari Pramodhawardani sebagai Deputi V Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan dan HAM.