Masuk Bursa Calon Menteri, Tito Karnavian Mundur Dari Kapolri

Home / Berita / Masuk Bursa Calon Menteri, Tito Karnavian Mundur Dari Kapolri

Jakarta, PKP Berdikari — Sejumlah tokoh nasional memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, sejak Senin (21/10) pagi. Kedatangan para tokoh tersebut disinyalir terkait penunjukannya sebagai Menteri pada kabinet mendatang. Salah satu yang mengejutkan adalah kedatangan Jenderal (Pol) Tito Karnavian pada Senin Sore. Jika para tokoh lain datang ke Istana dengan mengenakan kemeja putih, Tito mengenakan pakaian dinas kepolisian.

Beberapa pihak menilai kedatangan Tito ditengah para tokoh lain terkait jabatan baru di lingkungan pemerintahan. Kepada Divisi Humas Polri Irjen (pol) Muhammad Iqbal yang turut mendampingi Tito ke Istana mengkonfirmasi hal Tersebut. “Mungkin ya, ada semacam jabatan baru (untuk Tito),” kata Iqbal seperti dilansir Kompas.com.

Kemungkinan adanya jabatan baru yang akan dijalankan Tito semakin menguat usai rapat Paripurna DPR yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Selasa (22/10) sore tadi. Salah satu agenda dalam rapat tersebut adalah membahas surat dari Presiden Joko Widodo terkait pemberhentian Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan ada dua surat yang diterima oleh DPR dari Presiden Joko Widodo. Pertama berisi surat pemberhentian Kapolri, dan yang kedua surat pengunduran Tito sebagai anggota Polri sekaligus sebagai Kapolri. “Kemudian beliau menyampaikan surat terkait penugasan lain kepada Tito Karnavian,” ujar Puan dalam Detik.com.

Namun, Puan tidak menjelaskan lebih lanjut terkait posisi Tito dalam kebinet mendatang meski Ia mengaku telah bertemu langsung dengan Tito siang ini. “Tadi saya telah menerima Kapolri dan beliau menyampaikan diberikan amanah baru oleh presiden namun apa kita lihat saja besok. Kan besok pelantikan,” lanjut Puan. Jabatan Kapolri kemudian akan ditempati oleh Wakapolri Ari Dono sebagai pelaksana tugas hingga ditentukan siapa yang akan menjadi Kapolri berikutnya. (rdt)