Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Rusun Pasar Rumput untuk Isolasi Pasien COVID-19

Home / Berita / Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Rusun Pasar Rumput untuk Isolasi Pasien COVID-19

JAKARTA — Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput akan dijadikan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19. Pada Rabu malam, tepatnya tanggal 7 Juli 2021, Presiden Joko Widodo meninjau langsung kesiapan rusun tersebut. Penggunaan rusun ini merupakan langkah pemerintah untuk mengantisipasi apabila terjadi lonjakan kasus COVID-19.

“Malam hari ini saya sengaja dengan Menteri PUPR dan juga Kepala BNPB datang langsung untuk mengecek kesiapan Rusun Pasar Rumput dalam rangka kegunaannya untuk isolasi pasien-pasien COVID-19 yang bergejala ringan dan OTG,” ujar Presiden Jokowi di lokasi.

Presiden Jokowi datang ke lokasi dan menuju ke tower satu, lalu naik menuju lantai 8 yang nantinya akan digunakan para pasien COVID-19. Sementara itu, akomodasi untuk para tenaga kesehatan akan disiapkan di lantai 4.

Rusun Pasar Rumput sendiri terdiri atas tiga tower. Tower pertama yang dicek Presiden telah siap digunakan dengan kapasitas 2.060 tempat tidur. Jika ditambah dengan tower kedua dan ketiga yang akan siap dalam 2-3 hari ini, maka kapasitas total mencapai 5.950 tempat tidur.

“Kita harapkan dengan persiapan-persiapan seperti ini, kalau memang terjadi lonjakan kita sudah ada kesiapan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga meminta kepada seluruh kepala daerah baik yang berada di Pulau Jawa dan Bali maupun di luar Pulau Jawa dan Bali untuk terus mengecek langsung ke lapangan terkait kondisi penanganan pandemi di daerahnya masing-masing.

“Mengontrol kesiapan-kesiapan baik itu obat-obatan, baik itu alat kesehatan, baik itu tabung oksigen dan juga tempat-tempat isolasi yang selalu dan harus dipersiapkan,” lanjutnya.

Di penghujung keterangan, Presiden juga mengucapkan apresiasi dan rasa terima kasih kepada para tenaga kesehatan yang telah bekerja keras menangani pandemi COVID-19.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para dokter, para tenaga kesehatan, dan seluruh relawan yang telah bekerja pagi, siang, dan malam dalam rangka menangani COVID-19 ini,” tandasnya.

Dalam peninjauan itu Presiden Joko Widodo ditemani Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito.