PTPN IV Kembali Menanam Mangrove

Home / Berita / PTPN IV Kembali Menanam Mangrove

Sumatera Utara – PTPN IV kembali menanam mangrove. Penanaman kali ini dilakukan di Dusun III Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai.

Penanaman mangrove yang dilakukan pagi Jumat, tanggal 26 Maret 2021 ini, akan dilakukan dengan seremoni yang sederhana sembari berdoa memohon keridhaan Tuhan Yang Maha Esa. Penanaman mangrove sebanyak 1000 bibit ini akan dimulai oleh Direksi PTPN IV, Bapak Sucipto Prayitno dan Komisaris PTPN IV berserta jajarannya.

Penanaman mangrove sebanyak 1000 pokok dari 50 ribu bibit ini terlaksana atas dorongan Komisaris Utama, Bapak Dahlan Harahap sebagai kepedulian PTPN IV terhadap pelestarian alam dan lingkungan di wilayah sekitar perkebunan sawit PTPN IV.

PTPN IV sangat menyadari bahwa dengan penanaman mangrove ini, akan memberi manfaat yang besar kepada masyarakat di Pantai Timur Sumut. Sejak tahun 1990 an, hutan bakau di daerah sekitar Desa Naga Lawan habis, karena booming pertambakan udang saat itu.

Sejak tahun 1993 akibat hancurnya ekosistem mangrove di Pantai Timur, terjadi abrasi pantai yang ditandai bergesernya garis pantai hingga 200-500 meter di wilayah ini. Akibatnya sumber mata pencaharian nelayan pun semakin berkurang, selain semakin sulitnya akses ke laut akibat banyaknya tambak yg menutupi jalur ke pantai.

Desa Naga Lawan ini termasuk yang terkena dampak cukup parah. Oleh sebab itu PTPN IV bekerjasama dengan Koperasi Nelayan Muara Maimbai yang dipimpin Bapak Sutrisno Jaman, melakukan penanaman mangrove agar tempat pemijahan ikan dan Crustacea kembali muncul. Tanaman mangrove juga dikenal sebagai penahan ombak tsunami yang paling efektif yang acap terjadi di Pantai Timur Sumatera.

Penanaman mangrove kali ini merupakan penanaman kedua kalinya yang dilakukan PTPN IV dalam bulan Maret 2021. Penanaman mangrove yang pertama ditanam di Pantai Barat Sumut, di Teluk Ilalang, Batang Laping, Mandailing Natal pada tanggal 18 Maret 2021.

PTPN IV akan terus melakukan penanaman mangrove di Sumatera Utara agar masyarakat Sumut bermartabat. PTPN IV sadar bahwa menjaga garis Pantai Barat dan Pantai Timur Sumatera Utara sudah kewajiban perusahaan dalam menjalankan fungsi sosial BUMN. Tema yang dicetuskan PTPN IV untuk pelestarian alam adalah “Jagalah Alam, Maka Alam Akan Menjaga Kita” .

Sumber: Osmar Tanjung