Survei Indikator: Mayoritas Warga Puas Atas Kinerja Gugus Tugas Covid-19

Home / Berita / Survei Indikator: Mayoritas Warga Puas Atas Kinerja Gugus Tugas Covid-19

Jakarta, PKP Berdikari – Kinerja Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di bawah pimpinan Doni Monardo meraih respon positif dari masyarakat. Hal itu tergambar dari Survei yang dilakukan Indikator Politik pada 16-18 Mei 2020.

“Sebanyak 63,7% publik menyatakan puas atas kinerja Gugus Tugas di bawah pimpinan Doni Monardo,” tulis keterangan pers Indikator Politik pada Senin, 8 Juni 2020.

Secara rinci, masyarakat yang menyatakan cukup puas dengan kinerja Gugus Tugas Covid-19 sebanyak 55% dan 8,7% lainnya menyatakan sangat puas. Hanya 24% masyarakat yang menyatakan kurang puas, sedangkan 10,4% lainnya menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Survei yang mengambil tema penanganan Covid-19 ini dilakukan melalui sambungan telepon terhadap 1.200 responden dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. Sampel dipilih secara acak menggunakan metode simple random sampling dengan margin of error sebesar 2,6 persen.

Berdasarkan data demografi, kepuasan atas kerja Gugus Tugas hampir merata di semua indikator seperti gender, agama, pendidikan, pekerjaan, hingga pendapatan. Di segmen pendidikan Sekolah Dasar sampai perguruan tinggi, responden yang menyatakan puas mencapai 61,9%-66,8%.

Begitu pula di segmen pekerjaan, golongan petani dan buruh menunjukan tingkat kepuasan terhadap Gugus Tugas mencapai 63,3%. Sedangkan responden berprofesi sebagao PNS, swasta, guru, dan professional yang puas sebesar 60,5%.

Selain menilai kinerja Gugus Tugas, survei tersebut juga menggambarkan tanggapan publik terhadap kebijakan yang diterapkan pada masa pandemi.

Terkait relaksasi pembatasan, misalnya, mayoritas publik setuju jika pemerintah mulai melonggarkan pembatasan sosial dengan aturan yang ketat. “Semisal masyarakat yang berusia kurang dari 45 tahun bisa kembali beraktivitas,” tulis siaran pers tersebut.

Relokasi anggaran yang dilakukan dalam bentuk pemberian bahan pokok untuk rakyat kecil, bantuan kesehatan, serta Bantuan Langsung Tunai juga meraih tanggapan positif warga. Tidak hanya itu, mayoritas warga juga mendukung jika penanggulanan dampak Covid-19 difokuskan pada pemulihan UMKM.