Sutopo Purwo Nugroho Meninggal Dunia

Home / Berita / Sutopo Purwo Nugroho Meninggal Dunia

Jakarta, PKPBerdikari – Kabar duka datang dari Guangzhou, Tiongkok, pada Minggu (7/7/2019) sekitar pukul 02.00 waktu setempat. Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dikabarkan menghembuskan nafas terakhir saat menjalani pengobatan di St Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou.

Muhammad Ivanka Rizaldi, Putera Sutopo, juga menyampaikan kabar duka dan memohon kepada semua pihak untuk turut mendoakan mendiang ayahnya. “Innalilahi wainna ilahiroji’un. Semua yang bernyawa hanyalah titipan dari Allah Yang Maha Kuasa. Malam ini telah berpulang ke Rahmatullah seorang pahlawan dan ayahanda tercinta saya, Sutopo Purwo Nugroho saat menjalani pengobatan di Guangzhou, Cina,” tulis Ivanka.

“Bagi semua sahabat dan keluarga mohon sebesar-besarnya untuk memaafkan semua kesalahan Pak Sutopo sengaja maupun tidak sengaja. Mari mendoakan Almarhum Pak Sutopo agar selalu diterima disisi Nya dan diterima amal ibadahnya. Aamiin. Terimakasih atas semua yang kau berikan Pah, aku kan selalu mendoakan mu,” lanjutnya.

Berdasarkan informasi yang didapat, Jenazah Sutopo saat ini masih  berada di Guangzhou dan baru akan diterbangkan ke Tanah Air pada pukul 15.30 waktu Guangzhou.

Jenazah rencananya akan disemayamkan di rumah duka, Raffles Hils Blok 16 Nomor 15, Kota Depok Jawa Barat. Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Humas BNPB Rita Rosita S , seperti yang di tulis Kompas. Esok harinya, Jenazah Sutopo akan dimakamkan di tanah kelahirannya di Boyolali, Jawa Tengah. “Besok pagi pukul 05.25 akan diberangkatkan ke Boyolali,” kata Rita.

Sutopo belakangan dikenal sebagai sosok humanis yang terus menjalankan tugas memberikan informasi akurat kepada masyarakat terkait bencana alam walaupun penyakit ganas menggerogoti tubuhnya. Penyakit kanker paru-paru stadium 4B telah diderita Sutopo pada Desember 2017. Bukannya mereda, kanker yang diderita justru menyebar ke tulang dan beberapa organ penting di tubuh.

Sebelum berangkat untuk menjalani pengobatan di Guangzhou, Sutopo sempat menyapa masyarakat dunia maya melalui sebuah video. Pada video tersebut, Sutopo meminta izin dan memohon doa restu. “Hari ini saya ke Guangzho untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh lain. Kondisinya sangat menyakitkan sekali,” kata Sutopo pada Sabtu (15/6/2019) yang menunjukkan dirinya sedang berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

(*)