The New Normal BUMN

Home / Berita / The New Normal BUMN

Jakarta, PKP Berdikari – Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Tohir menerbitkan surat yang ditujukan kepada jajaran Direksi BUMN terkait antisipasi skenario The New Normal di lingkungan BUMN.

Dalam surat bernomor S-336/MBU/05/2020, tanggal 15 Mei 2020 itu, Erick menyebut langkah strategis pemerintah dalam menanggulangi pandemik Covid-19 perlu dukungan dan kontribusi seluruh elemen bangsa. “Termasuk di dalamnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN),” kata Erick di Jakarta.

Panduan yang harus dilakukan oleh perusahaan BUMN telah diatur dalam surat tersebut, salah satunya membentuk Task Force (gugus tugas) penanganan Covid-19.

Dalam waktu dekat, gugus tugas ini fokus pada antisipasi skenario, hingga menyusun timeline pelaksanaan The New Normal dengan merujuk pada kebijakan kementerian BUMN dan Lembaga/Kementerian lainnya, khususnya BNPB.

Selain itu, setiap BUMN juga wajib menyusun Protokol Penanganan Covid-19 yang akan mengatur seluruh aspek yang ada. Mulai dari aspek manusia (Human Capital & Culture), cara kerja (process & technology), serta pelanggan, pemasok, mitra, dan stakeholders lainnya.

Erick juga mendorong setiap BUMN untuk mengkampanyekan gerakan optimis dalam menghadapi The New Normal dengan menggunakan hastag #CovidSafeBUMN dalam setiap kegiatan atau media yang relevan.

Pada akhir surat edaran itu, Menteri BUMN mengingatkan monitoring dan evaluasi pelaksanaan The New Normal BUMN sepenuhnya menjadi tanggung jawab Direktur Utama, dan dilaporkan secara berkala kepada Wakil Menteri BUMN terkait.