Usai Bertemu TKN Jokowi, Dubes Uni Eropa Tegaskan tak Memihak di Pilpres 2019

Home / Berita / Usai Bertemu TKN Jokowi, Dubes Uni Eropa Tegaskan tak Memihak di Pilpres 2019

Jakarta – Duta besar Uni Eropa Vincent Guerend menegaskan pihaknya tidak berpihak dan tetap netral dalam pemilihan presiden 2019 di Indonesia. Pertemuan duta besar Uni Eropa dengan kedua timses pasangan calon bukan bicara dukung-mendukung.

Vincent menyebut Uni Eropa ingin mengetahui program masing-masing pasangan calon.

“Uni Eropa netral dan jelas kami tidak memihak manapun dan akan terus netral dalam ajang ini. Tapi penting untuk kami mengerti program, timses dan ini yang kami diskusikan,” kata dia di sela pertemuan dengan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, di Hotel Gran Melia, Jakarta Selatan, Kamis (24/1).

Selain itu diskusi soal program, Vincent menyebut pertemuan itu membahas hubungan Indonesia dengan Uni Eropa.

“Dan kami juga membahas tentang pentingnya hubungan Uni Eropa dan Indonesia dan bagaimana pentingnya mengembangkan hubungan ini di masa depan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma’ruf, Usman Kansong menegaskan sama sekali tak membahas pemilu dalam pertemuan siang ini. Pertemuan lebih banyak membahas masalah ekonomi. Seperti gambaran pemerintahan lima tahun ke depan di bidang ekonomi dan bisnis.

Usman juga tidak yakin masalah daftar pemilih tetap diangkat saat pertemuan Uni Eropa dengan kubu Prabowo-Sandiaga. Seperti diklaim oleh timses 02 usai pertemuan dengan dubes Uni Eropa. Dia meyakinkan bahwa Uni Eropa netral dalam Pemilu.

“Mereka enggak ngebahas soal teknis pemilu, saya juga enggak yakin kalau di sana (kubu Prabowo) tanya-tanya soal DPT, enggak ada urusan,” kata dia.

Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf yang hadir dalam pertemuan itu adalah Ketua Erick Thohir, Wakil Ketua dan juga Ketua Kadin Rosan Roeslani, serta Direktur Konten Fiki Satari, Direktur Komunikasi Politik Usman Kansong, Wakil Direktur Komunikasi Politik Meutya Hafid, dan Wakil Direktur Penggalangan Perempuan Tina Talisa.

Sementara rombongan dubes Uni Eropa dipimpin oleh Vincent Guerend, serta para duta besar dari Romania, Austria, Bulgaria, Inggris, Slovakia, Belanda, Itali, Yunani, Denmark, Polandia, Hungaria, Spanyol, Belgia, Swedia, Ceko, Jerman, Prancis, Portugal.

Sumber