Usai Pengumuman Kabinet, PROJO Undur Diri

Home / Berita / Usai Pengumuman Kabinet, PROJO Undur Diri

Jakarta — Susunan Kabinet yang dilantik Presiden Joko Widodo pada Rabu (23/10/2019) menuai tanggapan berbagai pihak, termasuk dari Relawan PROJO (Pro Jokowi). Melalui sebuah siaran pers, Handoko selaku Sekretaris Jenderal PROJO menyatakan bahwa organisasi yang berdiri sejak tahun 2013 undur diri dari kegiatan politik di seluruh Tanah Air.

Pengunduran diri PROJO merupakan bentuk kekecewaan dari para relawan Jokowi yang telah berjuang dalam Pilpres 2014 dan 2019. Jokowi dinilai melanggar kesepakatan bersama dalam melawan intoleransi dan kesediaan untuk berpolitik secara santun. “Kubu rival yang kalah dalam pilpres karena perlawanan rakyat terhadap intoleransi, anti-demokrasi, dan pelanggaran HAM justru mendapat posisi yang terhormat di Kabinet,” ujar Handoko dalam Siaran Pers yang kami terima.

Seperti diketahui, Partai Gerindra memperoleh dua kursi menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan, sedangkan Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo dipercaya untuk memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Militansi PROJO dalam mendukung Jokowi telah ditunjukan sejak pergolakan wacana terkait penunjukan Capres 2014 terjadi dalam internal PDI Perjuangan. Di tengah ramainya dukungan para elit partai kepada Ketua Umum Megawati, PROJO menjadi tempat bagi “Silent Majority” untuk menyuarakan Jokowi sebagai Capres, hingga akhirnya Jokowi ditetapkan sebagai presiden ke-7 Republik Indonesia.

Kerja-kerja politik PROJO juga mendapat apresiasi langsung dari Presiden Jokowi. “Dan saya meyakini, relawan PROJO ini bukan relawan kardus, betul-betul relawan militansi tinggi dan ikut memperbaiki negara ini,” tutur Jokowi dalam sebuah forum pada 2018.

Meski telah menyatakan pengunduran diri dari berbagai kegiatan politik, PROJO turut memberi ucapan selamat bekerja kepada Presiden beserta seluruh Kabinet Indonesia Maju. “Semoga program-program dapat dijalankan dengan baik untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat.” tutup Handoko.

Berikut pernyataan lengkap dari Relawan Pro Jokowi (PROJO);