Dukungan Warga Sumbar ke Jokowi Terus Bertambah

Home / Berita / Dukungan Warga Sumbar ke Jokowi Terus Bertambah

Dukungan warga Sumatra Barat (Sumbar) kepada Jokowi terus bertambah, ditandai dengan meningkatnya jumlah relawan pendukung Jokowi di provinsi itu.

Setelah lahirnya komunitas dengan MinangPemilihJokowi, Forum Lintas Organisasi Massa Pendukung (Forlop) Jokowi, dan Sumbar Pemilih Jokowi, pada akhir Januari 2019 dideklarasikan Relawan Luhak Limopuluah Jokowi (Reall Jokowi).

Jumlah relawan tersebut semakin bertambah dengan dideklarasikan Aku Juga Jokowi (Ajjo), yaitu relawan pendukung pasangan nomor urut 01 yang berdomisili di Pariaman, Jumat (22/2/2019), di Pantai Gondoriah, Kota Pariaman.

Dua hari kemudian, atau pada Minggu (24/2/2019), SPJ akan melakukan deklarasi di Padang. Acara itu untuk semakin mengukuhkan dukungan SPJ kepada Jokowi, setelah mereka melakukan deklarasi di Jakarta pada pertengahan Desember 2018.

Pada Rabu (20/2/2019), Reall Jokowi mengadakan konsolidasi di Labuah Basilang, Payakumbuh. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Maman Imanulhaq, Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Amin.

Kata Bayu Vesky, Dewan Pembina Reall Jokowi, mereka terus melakukan konsolidasi karena gerah dengan masih bertebarannya fitnah dan hoaks kepada Jokowi di Ranah Minangkabau. Mereka ingin terus menguatkan komitmen relawan untuk memenangkan pasangan nomor urut 01 itu.

Reall Jokowi bertekad untuk menjawab semua kepada Jokowi fitmah dengan data. Kemudian, mereka akan masuk dari rumah ke rumah di seluruh pelosok kampung dan meminta segala fitnah terhadap Jokowi dihentikan.

“Kami ingin masyarakat mengetahui apa saja program Jokowi. Kami optimistis Jokowi akan menang di Sumbar,” kata Bayu, Rabu (20/2/2019).

Bayu yakin Jokowi akan menang di Sumbar, karena kini masyarakat Minang sudah tahu apa yang sudah dikerjakan Jokowi untuk Sumbar dan Indonesia. Kata dia, situasi saat ini dengan tahun 2014 sudah jauh berbeda.

“Kalau dulu orang Sumbar tidak tahu siapa itu Jokowi. Sekarang mereka sudah melihat apa saja kerja Jokowi untuk Sumbar,” tuturnya.

Menurut Bayu, tren pemilih Jokowi di Sumbar semakin meningkat. Indikatornya adalah semakin banyaknya warga Sumbar yang berani menyatakan dirinya sebagai pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Kata Bayu, mereka yang secara terang-terangan yang menyatakan mendukung Jokowi bukan hanya rakyat biasa, tetapi juga tokoh masyarakat setempat, seperti Wali Nagari, niniak mamak, dan ulama.

Hal senada dikatakan Fauzan Caniago, Sekretaris Jenderal Ajjo. Katanya, kini mulai banyak masyarakat Sumbar tidak lagi sembunyi ketika mendukung Jokowi. Katanya, Jumlah warga Sumbar yang terang-terangan mendukung Jokowi semakin bertambah setelah tayangan debat calon Presiden di televisi.

“Dari debat itu warga jadi tahu, apa yang disampaikan Jokowi berdasarkan data dan fakta. Warga juga jadi tahu, ternyata yang disampaikan Prabowo cuma sebatas jargon,” katanya.

Untuk terus meningkatkan jumlah pendukung Jokowi di Ranah Minang, Fauzan dan Bayu telah melakukan pendekatan kepada ulama tradisional (tarikat) di Sumbar. Kata mereka, banyak ulama yang bersimpati kepada Jokowi dan mereka aktif menyebarkan data dan fakta tentang Jokowi.

“Ulama ini sangat dibutuhkan untuk mematahkan hoaks tentang Jokowi kepada para jemaahnya. Selama ini masalah hoaks itu yang membuat orang jadi tidak tahu tentang fakta apa yang telah dilakukan Jokowi,” kata Bayu.

Sumber