Menjadi Tamu Kehormatan Kerajaan Arab Saudi, Jokowi Mendapat Banyak Hadiah dan Kejutan

Home / Berita / Menjadi Tamu Kehormatan Kerajaan Arab Saudi, Jokowi Mendapat Banyak Hadiah dan Kejutan

Presiden Joko Widodo beserta keluarga bertolak menuju Tanah Suci Mekkah pada Minggu (14/4) dini hari, tepatnya setelah menyelesaikan sesi debat terakhir Calon Presiden yang diselenggarakan KPU. Perjalanan kali ini dilakukan untuk memenuhi undangan Raja Arab Salman bin Abdulaziz Al Saud sekaligus menunaikan Ibadah Umrah. Selama di Tanah Suci, Presiden Joko Widodo mendapat sambutan yang luar biasa dari keluarga Kerajaan Arab, khususnya dari Raja Salman sendiri.

Setibanya di Bandara Internasional King Khalid, Jokowi sudah disambut oleh Gubernur Riyadh Pangeran Faisal bin Bandar Al Saud serta Menteri Perdagangan dan Investasi Majid bin Abdullah Al Qasabi. Jokowi juga menjadi tamu kehormatan di Istana Raja Saud yang terletak di Riyadh, sebuah Istana yang terkenal dengan kemegahan dan kemewahannya.

Dalam pertemuan bilateral dengan Raja Salman, Indonesia mendapat kado istimewa dari kerajaan Arab, yaitu dikabulkannya permohonan pemerintahan Jokowi untuk mendapat tambahan kuota haji sebanyak 10.000 orang. Penambahan kuota haji adalah bentuk perhatian lebih pemerintahan jokowi kepada ummat muslim di seluruh Indoneisa, serta buah dari persahabatan kedua negara.

Sambutan yang luar biasa tidak berhenti disitu, Jokowi kembali mendapat perlakuan istimewa selama menunaikan ibadah Umrah. Bersama Ibu Iriana, serta kedua puteranya Gibran Rakabumi dan Kaesang pangarep, Joko Widodo mendapat kesempatan untuk masuk kedalam Ka’bah, kiblat ummat muslim di seluruh dunia. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan sebelum Idul Adha, dan untuk orang-orang tertentu saja.

Setelah keluar dari dalam ka’bah, Jokowi mendapat pengawalan ketat untuk mencium hajjar aswat, kemudian diikuti oleh istri dan kedua puteranya. Terlihat dalam sebuah rekaman video, Jokowi khusuk memanjatkan doa sambil mencium batu hajjar aswat. Ibu Iriana tampak sangat terharu hingga meneteskan air mata setelah mencium batu hajjar aswat, dan disambut sebuah pelukan oleh Jokowi.

Usai mengakhiri kegiatan di Mekkah, rombongan Presiden berangkat menuju Madinah. Disana Jokowi dan keluarga beserta rombongan terbatas mengunjungi Masjid Nabawi. Jokowi beserta keluarga memulainya dengan sholat sunnah dan berdoa di Raudah. Sebuah tempat yang juga dikenal dengan Taman Surga karena merupakan tempat Rasulullah memimpin sholat hingga menerima wahyu.

Beberapa sumber mengatakan, Jokowi sempat meneteskan air mata ketika berdoa di depan makam Rasulullah. Bagaimana tidak, di negaranya, jokowi kerap mendapatkan fitnah, hujatan hingga tuduhan bahwa diri dan pemerintahan yang ia pimpin telah melakukan perbuatan dzolim terhadap ummat muslim di Tanah Air. Segala upaya yang dilakukan Presiden RI ke-7 terhadap kebesaran Umat Muslim, dari mengupayakan penambahan kuota haji, membentuk Bank Wakaf, hingga yang paling terakhir menunjuk Ketua MUI sebagai calon wakil presiden 2019-2024, tak mampu menghentikan hujatan dari lawan-lawan politiknya.

Hal sebaliknya justru ia peroleh dari keluarga besar kerajaan Arab Saudi, negara dimana Agama Islam tumbuh dan berkembang. Jokowi  diperlakukan sebagai tamu kehormatan dan memperoleh segala fasilitas utama milik kerajaan. Pemerintahan Indonesia pun tak luput dari pujian pihak kerajaan yang mengapresiasi kinerja pemerintah dengan umat muslim terbesar. (Red)