Panen Raya Udang Vaname di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi

Home / Berita / Panen Raya Udang Vaname di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi

Presiden Joko Widodo mengunjungi panen raya udang Vaname di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Lahan yang digunakan merupakan lokasi pengelolaan melalui Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS). Lokasi IPHPS di desa tersebut dikembangkan sebagai lokasi pengelolaan kawasan mangrove yang dibarengi dengan usaha tambak oleh masyarakat setempat yang diberikan akses oleh pemerintah untuk mengelola.

Di lokasi tersebut, sebelumnya pada 1 November 2017, Presiden menyerahkan surat keputusan yang menegaskan pemanfaatan hutan kawasan hutan negara untuk dapat diakses oleh petani dan petambak. Salah satunya adalah SK izin pemanfaatan hutan Perhutanan Sosial kepada kelompok tani Mina Bakti seluas 80,9 hektare bagi 38 kepala keluarga.

“Ini kita dulu tebar benih memulai memperbaiki lingkungan di sini itu November (2017). Dulu pikiran kita di Februari bisa panen, ternyata gagal. Diulang lagi, berhasil tapi baru 50 persen. Ini proses pembelajaran untuk para petani memang memerlukan proses seperti ini,” jelas Presiden.

 

Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden