Semangat Pembangunan Dalam Visi Indonesia

Home / Berita / Semangat Pembangunan Dalam Visi Indonesia

Jakarta, PKPBerdikari — Seisi Gedung Sentul International Convention Center bergemuruh ketika Presiden Republik Indonesia terpilih Joko Widodo naik panggung bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, Wakil Presiden Terpilih K.H Maruf Amin beserta istri. Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan pidato resmi bertema Visi Indonesia 2019-2024.

Jokowi membuka pidato dengan pandangan mengenai lingkungan Global yang penuh tantangan. Ia menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa untuk dapat memenangkan persaingan di kancah Internasional. Selain itu, perlu adaptasi yang cepat dan optimalisasi pada birokrasi agar segala hambatan bisa segera dihapuskan.

Untuk dapat menjadi negara maju, Jokowi menekankan 5 poin penting yang meliputi percepatan pembangunan infrastruktur, peningkatan investasi guna membuka lapangan kerja, reformasi birokrasi, dan penggunaan APBN yang tepat sasaran. Kelima poin tersebut diarahkan menuju satu titik, yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Presiden juga beberapa kali menekankan pentingnya Pancasila sebagai ideologi tunggal, mengingat bangsa Indonesia terdiri dari berbagai kelompok etnis, agama, dan latar belakang berbeda. Kelompok yang mencoba menegakan ideologi lain selain Pancasila, akan ditindak tegas oleh lembaga yang berwenang.

Acara yang berlangsung pada Minggu (14/7) itu juga dihadiri oleh para ketua partai koalisi yang tergabung dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Amin. Beberapa tokoh politik nasional, dan jajaran menteri Kabinet Kerja juga tampak berada ditengah-tengah tamu undangan. Penyampaian Visi Indonesia ini juga diramaikan oleh berbagai organisasi relawan pendukung pasangan Jokowi-Amin.

Berikut naskah lengkap pidato Presiden Joko Widodo;