Semangat Persatuan Lahir di Stasiun MRT

Home / Berita / Semangat Persatuan Lahir di Stasiun MRT

Jakarta, PKP Berdikari — Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Prabowo Subianto menandakan berakhirnya rivalitas dalam Pilpres 2019. Keduanya bertemu pada Sabtu (12/7), di Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Jokowi tiba pukul 10.05 WIB, dan segera disambut oleh Prabowo yang datang di lokasi lebih dulu. Keduanya bertolak menuju Stasiun MRT Senayan pukul 10.12 WIB.

Pertemuan dua kandidat Calon Presiden tersebut, merupakan pertama kalinya usai penetapan hasil Pilpres oleh KPU beberapa waktu silam.

Jokowi menganggap kesempatan ini adalah waktu yang tepat untuk bersilaturahmi kembali, baik bagi dirinya dan Prabowo, maupun semua pendukung.

Kerasnya kontestasi sepanjang Pilpres, membuat sebagian besar masyarakat terbelah menjadi dua kubu. Kondisi ini, lanjut Jokowi, harus segera bersatu dalam kerangka sebangsa dan setanah air.

“Tidak ada lagi yang namanya cebong dan kampret, yang ada adalah Garuda Pancasila,” ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menghadapi tantangan kedepan.

“Kompetisi Global membutuhkan kebersamaan dalam memajukan Negeri ini,” tegas Jokowi.

Hal senada juga disampaikan Prabowo. Ajang silaturahmi yang baru saja berlangsung, bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan hal-hal demi kebaikan bersama.

Ia menganggap, kritikan yang kerap dilontarkan kepada pemerintahan Joko Widodo merupakan sikap politik dalam sistem demokrasi. “Intinya kita bisa saling mengingatkan,” ujar Prabowo.

Prabowo juga menyampaikan perihal ucapan selamat atas kemenangan Jokowi yang belum pernah ia lontarkan. Menurutnya, hal itu akan disampaikan langsung ketika bertemu Jokowi. “Saya ini, biar bagaimanapun juga punya toto kromo.” tegas Prabowo.

Pada pertemuan kali ini, Jokowi didampingi Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Tohir. Sedangkan Prabowo didampingi Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Suasana keakraban antar dua tokoh Nasional tersebut, tampak ketika santap siang di salah satu Restoran di Pusat Perbelanjaan FX Senayan. Prabowo tampak meninggalkan lokasi pukul 11.30 WIB, diikuti Jokowi beserta rombongan 15 menit kemudian.