SMRC: 47 Persen Publik Menilai Kurang Pantas Perilaku Jokowi pada PDI Perjuangan

Home / Berita / SMRC: 47 Persen Publik Menilai Kurang Pantas Perilaku Jokowi pada PDI Perjuangan

JAKARTA — 47 persen publik menilai kurang atau tidak pantas Jokowi sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang telah diusung menjadi walikota, gubernur, dan presiden, namun sekarang tidak jelas memberi dukungan pada Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan. Yang menyatakan sikap itu pantas hanya 30 persen dan tidak jawab 23 persen.

Demikian hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dilakukan pada 29 Oktober – 5 November 2023. Hasil survei ini dipresentasikan Prof. Saiful Mujani dalam program ‘Bedah Politik bersama Saiful Mujani’ episode “Meninggalkan PDIP di Mata Publik” yang disiarkan melalui kanal Youtube SMRC TV pada Kamis, 23 November 2023.

Video utuh presentasi Prof. Saiful bisa disimak di sini: https://youtu.be/sy4vBi7jh0Q

Dalam survei tersebut, responden diberi penjelasan bahwa Jokowi adalah kader PDI Perjuangan dan didukung menjadi walikota, gubernur, dan presiden, namun sekarang dia tidak jelas memberi dukungan pada Ganjar sebagai calon presiden yang diusung PDI Perjuangan. Apakah sikap Jokowi terhadap PDI Perjuangan itu pantas, kurang pantas, atau tidak pantas sama sekali? Ada 30 persen yang menilai hal tersebut pantas, 39 persen menyatakan itu kurang pantas, dan 8 persen menganggap itu tidak pantas sama sekali. Masih ada 23 persen yang tidak menjawab.