Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia, Presiden: Waspada dan Segera Vaksin!

Home / Berita / Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia, Presiden: Waspada dan Segera Vaksin!

Menteri Kesehatan mengumumkan Varian Omicron telah terdeteksi masuk ke Indonesia. Varian yang masuk ke dalam kategori varian of concern oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terdeteksi pada seorang pasien yang terkonfirmasi kemarin (15/12).

Presiden Joko Widodo pun menyatakan bahwa hal ini tidak terelakan karena salah satu karakter Varian Omicron ialah penularannya yang cepat. Presiden meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada tapi jangan panik.

“Waspada penting, tapi jangan perkembangan ini membuat kita panik. Sejauh ini varian Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama pasien-pasien yang sudah mendapatkan vaksin.” kata Presiden Joko Widodo pada keterangan pers sore ini (16/12).

Presiden Jokowi juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin kedua, terlebih lagi bagi mereka yang sama sekali belum mendapatkan vaksin. Karena vaksinasi dapat memberikan perlindungan dari Covid-19.

“Oleh sebab itu, saya meminta semua warga yang belum mendapatkan dua kali vaksin apalagi yang sama sekali belum divaksin. Segeralah mendatangi fasilitas-fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksin.” ujar Presiden.

Saat ini, perkembangan kasus aktif di Indonesia terbilang rendah, untuk itu masyarakat diminta untuk bersama-sama menjaga situasi saat ini. Presiden Jokowi berharap jangan sampai ada penularan lokal.

“Sekarang yang harus kita lakukan adalah pertama-pertama berupaya sekuat tenaga varian Omicron tidak meluas ditanah air. Jangan sampai terjadi penularan lokal. Kita harus berupaya menjaga situasi di Indonesia tetap baik.” kata Presiden Jokowi