Cegah Penyebaran Covid-19 di Desa, Kemndesa PDTT Serukan “Gerakan Setengah Miliar Masker”

Home / Berita / Cegah Penyebaran Covid-19 di Desa, Kemndesa PDTT Serukan “Gerakan Setengah Miliar Masker”

Jakarta, PKPBerdikari – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, menyerukan “Gerakan Setengah Miliar Masker” untuk mewujudkan Desa Aman Covid-19. Hal itu tertuang dalam surat S.2294/HM.01.03/VIII/2020 yang ditujukan kepada seluruh Kepala Desa di Indonesia, Tanggal 4 Agustus 2020.

Dalam surat tersebut Mendes mewajibkan Kepala Desa untuk mengadakan masker kain yang bisa dicuci sebanyak 4 (empat) buah setiap warga.

“2 masker diadakan dengan dana desa melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), sedangkan 2 lainnya melalui melalui swadaya warga yang mampu (gotong-royong),” tulis Mendes Abdul Halim.

Politisi Partai PKB itu menerangkan, masker dibuat dengan desain berlogo ulang tahun ke 75 Republik Indonesia yang terlampir dan dapat diunduh melalui laman www.kemendesa.go.id.

Masih dalam surat tersebut, Ia menekankan proses distribusi dan sosialisasi masker dilakukan dengan melibatkan Ibu-Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Kegiatan itu nantinya dilakukan dengan mendatangi warga dari rumah ke rumah untuk menghindari pengumpulan warga dalam satu tempat.

“Gerakan Setengah Miliar Masker” resmi dimulai sejak Surat itu diterbitkan, yakni pada Selasa, 4 Agustus 2020. Kemendesa juga menyediakan layanan call center untuk mempermudah komunikasi terkait program tersebut.

“Hal-hal lain terkait dengan ‘Gerakan Setengah Miliar Masker’ dapat ditanyakan ke call center Kementerian Desa PDTT 1500040 dan layanan WhatsApp 0877-8899-0040.” Tutup Mendesa PDTT Abdul Halim Iskandar.

WhatsApp chat