Indonesia Terpilih Sebagai Anggota ECOSOC Periode 2021-2023

Home / Uncategorized / Indonesia Terpilih Sebagai Anggota ECOSOC Periode 2021-2023

Jakarta, PKP Berdikari – Indonesia resmi terpilih sebagai anggota Dewan Ekonomi dan Sosial atau Economic and Social Council (ECOSOC) usai memenangkan pemilihan di Perserikatan Bangsa Bangsa pada Rabu, 17 Juni 2020. Indonesia menjadi wakil dari Asia-Pasifik bersama dengan Jepang dan Kepulauan Solomon.

Dalam pemilihan yang melibatkan 190 perwakilan tetap tersebut, Indonesia mengantongi sebanyak 186 suara, sementara Jepang memeperoleh 186 Suara, dan Kepulauan Solomon mendapat 187 suara. Secara keseluruhan, ECOSOC memiliki anggota yang terdiri dari 54 Negara untuk masa kerja tiga tahun.

Kantor Kepresidenan menganggap, hal itu merupakan sebuah kehormatan besar bagi Indonesia atas tingginya kepercayaan masyarakat Internasional, mengingat Indonesia juga terpilih sebagai Dewan Keamanan PBB Periode 2019-2020 serta Dewan HAM PBB periode 2020-2022.

“Pemerintah Indonesia sangat berterima kasih atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan kepada negara dari komunitas internasional, karena dipilih menjadi anggota ECOSOC untuk periode 2021-2023,” Kata juru bicara Presiden Joko Widodo Fadjroel Rachman kepada AntaraNews.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kementerian Luar Negeri dan Menteri Retno Marsudi, serta kabinet Indonesia Maju untuk dukungan kolaboratifnya dalam diplomasi Indonesia, dan juga kepada seluruh masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Baca:  Tiba di Putrajaya, Presiden Jokowi Disambut Upacara Resmi

Berdasarkan keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri pada Kamis, 18 Juni 2020, Indonesia berkomitmen untuk terus berpartisipasi aktif mendorong upaya pencapaian Agenda Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) 2030. Indonesia juga akan terus berupaya meningkatkan peran dalam pembahasan isu-isu strategis terutama pada Badan-Badan Khusus di bawah ECOSOC di antaranya FAO, WHO, IMO, ICAO, dan IAEA.

Terpilihnya Indonesia di ECOSOC memiliki arti penting, yakni pemanfaatan platform ECOSOC guna mendorong pemulihan ekonomi dan sosial pasca pandemi Covid-19, Refleksi kepemimpinan global Indonesia, dan memajukan program prioritas nasional yang sejalan dengan SDGs.

Keanggotaan ini merupakan kali ke-12 Indonesia bergabung dengan ECOSOC, setelah terakhir pada periode 2012-2014. Indonesia juga telah dua kali dipercaya menjadi Presiden ECOSOC, yaitu pada tahun 1970 dan 2000. Selain itu, Indonesia pernah menjadi Wakil Presiden ECOSOC pada tahun 1969, 1999, dan 2012.

WhatsApp chat