HUT Bhayangkara Ke-73, Jokowi Beri 5 Instruksi

Home / Meme / HUT Bhayangkara Ke-73, Jokowi Beri 5 Instruksi
Presiden Jokowi menghadiri perayaan HUT Bhayangkara ke 73 yang diselenggarakan di Monas, Jakarta, Rabu (10/07/2019). Presiden Jokowi yang menjadi inspektur upacara mengucapkan terima kasih kepada Polri yang telah bekerja menjaga keamanan dan ketertiban nasional. Polri bersama dengan TNI telah sukses mengamankan perhelatan internasional yang diselenggarakan di Indonesia. Diantaranya Asian Games 2018, Asian Para Games 2018, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Tidak lupa Jokowi juga berterimakasih atas kerja keras Polri dalam mengamankan Pemilu dan Pilkada Serentak.

Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan lima instruksi kepada Polri di HUT Bhayangkara. Pertama, Presiden berpesan agar Polri terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Polri guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks. Kedua, Presiden meminta Polri terus mengedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan yang humanis. Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah dan cepat. Keempat, Presiden Jokowi juga meminta Polri terus meningkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum, serta memberikan rasa adil kepada masyarakat. Terakhir, perkuat koordinasi dengan TNI, kementerian lembaga, pemerintah daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial.

Baca juga:  Jokowi Resmikan Palapa Ring Beroperasi

LIHAT JUGA: Kasus Kivlan Zein Buat Polri Tidak Nyaman

DI HUT Bhayangkara ke 73 juga turut hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Sejumlah tamu undangan yang tampak hadir antara lain Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno; istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Sinta Nuriah Wahid; Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin; Ketua KPU Arief Budiman; Wakil Ketua KPK Laode M Syarif. Kemudian mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, mantan Menteri Sekretaris Negara Yusril Ihza Mahendra, hingga Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Penyelenggaraan perayaan HUT Bhayangkara ini sebenarnya tertunda dari jadwal semestinya pada 1 Juli. Penundaan dilakukan karena dinamika keamanan selama proses Pemilihan Umum 2019. Pada umur yang Ke-73 ini, menurut Kadiv Humas Iqbal, menjadi pijakan agar Polri terus lebih baik dan optimal melayani dan mengayomi masyarakat. “Harapan kita semakin di hati masyarakat, kekuatan Polri ada bersama masyarakat,” ujar dia.
  Asyari Taufiq

 Previous Next