Jokowi Meletakan Dasar Yang Kuat Untuk Pemenuhan Hak Atas Pembangunan

Home / Opini / Jokowi Meletakan Dasar Yang Kuat Untuk Pemenuhan Hak Atas Pembangunan

Prestasi genuine Jokowi di bidang HAM, adalah membangun pondasi dan menerapkan Hak atas Pembangunan. Hak atas pembanguna didasarkan bahwa setiap manusia memiliki hak untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam penikmatan terhadap pembangunan ekonomi, sosial, kultural dan politik. Deklarasi Hak atas Pembangunan diterima oleh Majelis Umum PBB lewat Resolusi no. 41/128, 4 Desember 1986.

Setidaknya ada empat program di era Jokowi sebagai penerapan hak atas pembangunan adalah BBM Satu Harga; Perhutanan Sosial; Dana Desa; dan Memperkuat Kawasan Perbatasan.

– Program BBM satu harga
– Program Perhutanan Sosial
– Dana desa
– Memperkuat kawasan perbatasan

Kerja di bidang HAM yang memanusiakan sudah di mulai, namun belum selesai apalagi sempurna, karena itu tidak boleh terhenti di tengah jalan karena akan bermuara kepada kesejahteraan dan martabat warga. Keberlanjutan ini nampak dalam visi-misi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Kyai Ma’aruf Amin. Dalam dokumen visi-misi mereka yang berjudul “MENERUSKAN JALAN PERUBAHAN UNTUK INDONESIA MAJU” telah meletakkan jalan mulus untuk pengakuan, perlindungan dan penegakan HAM agar HAM lebih meluas dengan pendidikan, budaya dan kebijakan yang berperspektif HAM.

Baca juga:  Jokowi Pastikan Obat Covid Murah dan Mudah

“Meningkatkan budaya dan kebijakan yang berperspektif HAM (berwawasan HAM), termasuk memuat materi HAM dalam kurikulum pendidikan”.

Arimbi Heroepoetri.,S.H.,LL.M
Direktur PKP Berdikari

  Harya Putra

 Previous Next