Pemenang Lomba Menulis “Cawapres Jokowi Pilihan Warga

Home / Infografis / Pemenang Lomba Menulis “Cawapres Jokowi Pilihan Warga

Sejak 10 April hingga 10 Juni 2018 lalu, Pusat Kajian Pengembangan Berdikari (PKP Berdikari) mengadakan Lomba Menulis Cawapres Jokowi Pilihan Warga.

Lomba dimaksudkan menampung aspirasi wdalam bentuk tulisan yang bertanggungjawab, masuk akal dengan kemampuannya merajut kata yang enak dibaca.

Osmar Tanjung, Ketua Tim Juri menjelaskan, selain menampung aspirasi warga, lomba dimaksudkan agar warga dapat berpartisipasi dalam mengusulkan nama-nama tokoh yang akan dijadikan Cawapres Jokowi berdasarkan pilihannya.

” Syarat penulisan cukup sederhana yakni minimal 1.500 kata per artikel, tidak plagiat dan santun dalam menyampaikan analisisnya, ” ungkap Osmar dalam rilisnya yang diterima tribunnews.com.

Alifurrahman salah satu tim juri menambahkan ada 271 tulisan yang dikirim ke email melalui admin seword yang diterima. Namun hanya 130 artikel yang memenuhi syarat minimal 1.500 kata dengan argumentasi dan opini yang kuat. “Argumentasi yang ada, kebanyakan dilengkapi juga dengan memaparkan kelemahan masing-masing calon yang dipilihnya,” katanya.

Dari 271 artikel, hampir 70 artikel ditulis oleh perempuan. “Cukup menggembirakan bahwa warga perempuan mampu memberikan masukan yang signifikan dalam perpolitikan di Indonesia, dalam ketajamannya memilih Cawapres Jokowi, ujar Alif. Tim Juri Lomba kemudian memilih artikel-artikel dengan opini yang tajam dan terukur, termasuk alasan seperti integritas, latar belakang dan kemampuan membantu memenangkan Jokowi dalam pilpres 2019.

Selain itu kemampuan calon dalam menyelesaikan program Nawacita adalah hal penting yang menjadi salah satu pertimbangan Tim Juri. Dari 130 artikel yang dinyatakan memenuhi syarat dan “adat istiadat” penulisan, ada 26 artikel yang memenuhi syarat ditulis oleh perempuan. Dari 26 artikel, 5 diantaranya dinyatakan layak menjadi pemenang dari 20 artikel terpilih. PKP Berdikari juga seword melihat antusiasme warga cukup tinggi, termasuk di kalangan perempuan. Dari beragam latar belakang dan profesi, dengan kesibukan dan rutinitas harian, mereka menyempatkan diri untuk menulis serta memilih Cawapres untuk Presiden Jokowi.

Menulis 1.500 kata bukanlah pekerjaan mudah. Butuh konsentrasi, referensi dan semangat untuk menyelesaikannya. Semua itu telah mereka lalui dan turut mensukseskan lomba penulisan yang kami adakan. “Kami sangat mengapresiasi partisipasi warga dalam memberikan sumbangan pemikiran kepada Presiden Jokowi demi kesejahteraan rakyat Indonesia 5 tahun mendatang,” tegas Osmar.

Adapun 20 pemenang “Lomba Menulis Cawapres Jokowi Pilihan Warga” ini disusun berdasarkan abjad nama pemenang. Berikut pemenangnya.

  Harya Putra

 Previous Next