Keindahan Papua Dari Atas Bukit Jokowi

Home / PKPBerdikari / Keindahan Papua Dari Atas Bukit Jokowi

Dulunya, bukit ini gersang. Tumbuhan yang ada hanyalah rumput liar dan ilalang. Lokasinya tak jauh dari jantung Kota Jayapura, Papua atau Abepura yang terkenal dengan sebutan kota pelajar. Bukit Skyline namanya, tapi itu sebutan dahulu kala.

Sejak kedatangan Presiden Joko Widodo pada 2014 ke lokasi itu, nama bukit pun berubah yakni Bukit Jokowi. Kala itu, Presiden RI ke-7 berkunjung ke Kota Jayapura.

Dari ketinggian bukit inilah, Jokowi melihat hamparan pemandangan indah dan sejumlah pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang sedang dalam pembangunan.

Salah satunya, adalah Jembatan Holtekamp, penghubung warga di Kota Jayapura hingga ke perbatasan Papua dan Papua Nugini, serta pembangunan PLTU Holtekamp berkapasitas 2×10 Megawatt.

Nama bukit pun berganti dan saat ini menjadi salah satu tempat favorit warga setempat, sekadar untuk menikmati keindahan alam, merasakan sejuknya tiupan angin di perbukitan atau menyeruput segarnya kelapa muda yang disuguhkan di beberapa pondok jajanan di lokasi itu.

Bukit Jokowi juga berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik dan Teluk Youtefa yang didiami dua kampung tertua di Kota Jayapura, Papua yakni Kampung Enggros dan Kampung Tobati.

Jalur yang harus ditempuh jika ingin ke bukit ini sangatlah mudah. Dari Kota Jayapura ditempuh dalam waktu 30 menit perjalanan darat, sementara dari Abepura dapat ditempuh dalam waktu 15 menit.

Sumber