Sekjen PKP Berdikari: Sumut Siap Kembangkan Kebun dan Taman Hortikultura

Home / Berita / Sekjen PKP Berdikari: Sumut Siap Kembangkan Kebun dan Taman Hortikultura

Berita menarik hari ini, Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri menyempatkan diri berkunjung ke Beijing World Horticultural Expo 2019.

Menurut Sekjen Pusat Kajian Pengembangan Berdikari (PKP Berdikari), Osmar Tanjung, kunjungan Presiden ke 5, Ibu Megawati ke China dan adanya keinginan beliau untuk membuat Kebun Hortikultura di Indonesia adalah ide yang perlu ditindaklanjuti segera.

Kebun Hortikultura sebagaimana Kebun Raya Bogor harus diwujudkan agar Indonesia bisa melindungi plasma nutfah yang ada dari Aceh hingga Papua. Ide ini sejalan dengan rencana pembangunan 5 tahun ke depan untuk memperluas, meningkatkan kualitas destinasi wisata yang sudah dicanangkan Presiden Jokowi.

Sebagai Anak Medan, saya melihat beberapa lokasi yang bisa dikembangkan untuk Kebun atau Taman. Bahkan utk Taman bisa dikombinasi dengan heritage perkebunan yang ada di Sumut.

Lokasi yang tepat untuk itu bisa di dataran tinggi dan di dataran rendah di Sumut seperti Dairi, T.Karo, Taput dan seterusnya. Adapun Taman Bunga dan heritage bangunan kebun bisa dikembangkan di PTPN II, III dan PTPN IV. Sebagai Komisaris Independen PTPN IV, saya siap membantu percepatan Kebun dan atau Taman Hortikultura dimaksud.

Baca:  Tugas dan Fungsi KPAI Dipertanyakan

Kebun bisa di laksanakan di Tanah Karo atau Dairi. Adapun taman bisa di kawasan kantor PTPN II di Tanjung Morawa berikut dengan bangunan peninggalan jaman Belanda maupun di Kebun Bah Jambi PTPN IV di P. Siantar.

“Seluruh stakeholder di Sumut harus duduk bersama untuk menyiapkan ruang hijau, ruang kebudayaan dan tentu ruang kebahagiaan karena bunga,” tutup Osmar.

WhatsApp chat