Tol Kuala Tanjung-Prapat Percepat Akses Wisata Menuju Danau Toba

Home / Berita / Tol Kuala Tanjung-Prapat Percepat Akses Wisata Menuju Danau Toba

Jakarta, PKP Berdikari – Pemerintah tengah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sepanjang 143,5 km. Jalan Tol tersebut diharapkan dapat memperlancar konektivitas antar daerah serta berdampak baik bagi sektor pariwisata Indonesia.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan pers di Jakarta.

Pembangunan ruas tol ini dapat mempermudah akses dari Medan menuju Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara.

Apabila jalan tol ini rampung, jarak dari Kota Medan menuju Danau Toba dapat ditempuh hanya dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Proyek dengan biaya sekitar Rp 23 triliun itu, merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan menjadi lanjutan dari Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) sepanjang 61,72 km.

Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditugaskan menyelesaikan proyek tersebut diantaranya Hutama Karya, Jasa Marga dan anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero), yaitu PT Waskita Toll Road.

Ketiganya kemudian membentuk Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) bernama PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) dengan konsesi selama 40 tahun.

Pembangunan Jalan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat akan dilengkapi dengan enam buah Simpang Susun (SS), yakni di Inderapura, Tebing Tinggi, Serbelawan, Simpang Susun Raya, Seribudolok, dan Parapat.

Adapun progres konstruksi seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura telah mencapai 67 persen. Sementara pada seksi 2 Indrapura-Kuala Tanjung mencapai 36 persen.

Kemudian, pada seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan mencapai 41 persen dan seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar mencapai 26 persen, sedangkan untuk seksi 5 dan 6 masih dalam tahap pembebasan lahan.

WhatsApp chat